Langsung ke konten utama

banten


               
                                Banten
                

    Banten adalah sebuah provinsi, wilayah paling barat di Pulau Jawa, Indonesia. Provinsi ini pernah menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat, tetapi menjadi wilayah pemekaran sejak tahun 2000, dengan keputusan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2000. Pusat pemerintahannya berada di Kota Serang. 

  Bahasa
Untuk bahasanya sendiri yang sering di gunakan bahasa jawa dan bahasa sunda

Pakaian adat khas banten


Sesuai dengan namanya, berarti pakaian adat yang satu ini hanya digunakan oleh mereka yang menjadi penganten. Dari segi motif dan designya sendiri, pakaian ini sebenarnya sangat mirip dengan pakaian adat pengantin Sunda, karena memang sebagian besar budaya Banten tersebut merupakan perpaduan dari budaya Sunda.
Untuk penganten pria, mereka akan menggunakan perlengkapan seperti baju koko dengan kerah sebagai atasan, kain samping atau batik khas Banten akan menjadi bawahannya, penutup kepala, sabk dari kain batik yang smaa motifnya, swelop serta sebialh parang.
Dan untuk penganten wanitanya menggunakan baju kebaya sebagia atasan, kain samping atau kain batik sebagai bawahan dan selendan. Semanatara itu untuk hiasan kepala menggunakan konde atau sanggul yang dilengkapi dengan hiasan seperti kembang goyang.

Rumah Adat Banten



Rumah Adat Banten
Sulah Nyanda merupakan sebutan bagi rumah adat Banten. Model bangunan rumah adat Baduy seperti rumah panggung. Bangunannya terbuat dari bambu. Dan rumah adat ini menjadi simbol dari masyarakat Baduy. Rumah adat ini memiliki nilai tersendiri bagi masyarakat Baduy yaitu sebagai tempat untuk berlindung dan nyaman untuk ditempati. Luas rumah adat ini berkisar antara 100 sampai 120 meter persegi.
Sama halnya dengan rumah adat Bolon dari Batak, pembangunan rumah adat ini juga dilakukan gotong royong oleh masyarakat setempat. Karena rasa kekeluargaan masih tertanam kental di dalam suku ini. Rumah adat Sulah Nyanda ini hanya boleh dibangun menghadap dua arah saja yaitu menghadap Selatan dan Utara serta harus berhadap-hadapan. Karena menurut mereka arah Barat dan Timur merupakan tanda yag tidak baik.
Jenis bangunan rumah adat Baduy yaitu siap pakai dan knock down. Bagian- bangian antar bangunan hanya menggunakan material sederhana yaitu tanpa menggunakan paku. Hanya menggunakan teknik paseuk seperti pada bagian tiang pondasi, lincar, pananggeuy, panglari. Teknik tersebut dapat memperkokoh bangunan. Sedangkan bagian dinding, lantai dan juga atap digunakan teknik rakit yaitu dijepit atau diikat dengan tali. Sehingga bangunan ini dikategorikan sebagai bangunan yang elastis dan fleksibel
Agama
Agama Islam menjadi mayoritas di semua kabupaten dan kota, sedangkan Agama Kristen dengan jumlah besar di Provinsi ini ada di Kota Tangerang, Kabupaten tangerang dan Kota Tangerang Selatan, Agama Budha dengan populasi besar berada di Kabupaten Tangerangdan Kota Tangerang.

 Potensi dan daya tarik wisata di banten 
Banten terdapat 204 objek dan daya tarik wisata (ODTW) yang terdiri dari objek wisata kategori alam (84 objek), objek wisata kategori sejarah dan budaya (34 objek), objek wisata kategori buatan (24 objek), objek wisata kategori living culture (9 objek), dan objek wisata kategori atraksi kesenian (48 objek). Tidak hanya itu, Banten juga memiliki 1.166 daya tarik wisata (DTW) yang terdiri dari 344 daya tarik wisata alam, 591 daya tarik wisata sejarah dan budaya, dan 231 daya tarik wisata minat khusus/buatan.


Contoh Objek wisata alam di banten

1.Pantai Anyer

 


Pantai Anyer adalah salah tempat wisata Banten yang paling ramai dan populer.
Terletak di Kabupaten Serang, Banten, Pantai Anter memiliki pasir putih yang sangat indah.
Dinamakan Pantai Anyer karena pantai ini terletak di sepanjang Kecamatan Anyer, Banten.
Aktivitas yang dapat Anda lakukan di Pantai Anyer adalah berenang,bermain di pantai, berolahraga air, berselancar, menyelam, menikmati pemandangan pantai, dan menikmati makanan laut.

2. Tanjung Lesung



Tanjung Lesung adalah nama area pantai eksklusif dan terawat di ujung Pulau Jawa Barat.
Tempat wisata Banten ini memiliki pantai yang indah dan bersih.
Pantai pasir putih di Tanjung Lesung adalah pantai dengan pasir putih terbaik di Jawa Barat.Aktivitas yang dapat Anda lakukan di Tanjung Lesung adalah bermain di pantai, memancing, menyelam, bermain olahraga air, dan menginap di vila yang sangat indah.
Jika Anda datang ke sini saat musim hujan, berhati-hatilah karena ombak di Tanjung Lesung cukup besar.
Terletak di Kabupaten Pandeglang, Banten, Tanjung Lesung memiliki sekitar 1.500 hektar yang memiliki fasilitas lengkap 

3. Pantai Sawarna

tempat wisata di banten Pantai Sawarna
Pantai Sawarna adalah lokasi wisata baru di Banten.
Pantai Sawarna telah dikunjungi oleh wisatawan sejak tahun 2000 semenjak menjadi terkenal lewat internet.
Terletak di Desa Sawarna, Pantai Sawarna terletak sekitar lebih dari 150 Km dari Rangkasbitung.
Setiap hari, tempat wisata Banten ini dikunjungi oleh ratusan orang, baik dari sekitar Jawa Barat, hingga ke luar negeri

4.Pulau Umang

tempat wisata di banten Pulau Umang
Pulau Umang terletak dekat dari Tanjung Lesung, Banten.
Pulau Umang adalah pulau dengan lebar 5 hektar.
Fasilitas yang tersedia di tempat wisata Banten ini sangat lengkap, mulai dari kolam renang, karaoke, fasilitas olahraga, ruang pertemuan, wahana antariksa, dan lainnya.

Contoh Objek wisata budaya di banten 

1.Masjid Agung Banten



Selain menjadi salah satu destinasi wisata religi di Indonesia, masjid ini juga merupakan salah satu destinasi wisata sejarah di Banten. Banyak sekali nilai sejarah yang dimiliki oleh masjid yang satu ini. Masjid ini sendiri pertama kali di bangun pada tahun 1556 oleh Sultan Maulana Hasanudin yang  merupakan Sultan pertama dari Kesultanan Banten. Beliau sendiri juga merupakan putra dari Sunan Gunung Jati yang juga memerintah di Cirebon.
Selain sebagai tempat beribadah umat muslim, masjid yang satu ini juga merupakan titik pusat pergerakan perjuangan rakyat Banten. Salah satu titiknya adalah Menara yang berada di masjid tersebut. Selain berfungsi untuk mengumandangkan Adzan saat waktu sholat telah tiba, menara tersebut juga merupakan salah satu lokasi penyimpanan senjata. Meskipun kini fungsi dari menara tersebut telah berubah menjadi semacam gardu pandang untuk menikmati keindahan alam kawasan tersebut.
2.Benteng Speelwijk 

Benteng Speelwijk terletak di kampung Pamarican sekitar 600 meter ke arah Barat Laut Keraton Surosowan, Situs Banten Lama. Benteng ini berdenah persegi panjang tidak simetris dan setiap sudutnya terdapat bastion. Benteng Speelwijk didirikan pada tahun 1682, mengalami perluasan pada tahun 1685 dan 1731. Benteng ini dirancang oleh Hendrick Lucaszoon Cardeel, adapun namanya diambil dari nama gubernur VOC, Cornelis Jansz Speelman. Benteng ini seakan menjadi simbol kekuasaan kolonial Belanda yang dibangun pada masa kepemimpinan Sultan Abu Nasr Abdul Kahhar, yang juga dikenal sebagai Sultan Haji. Sultan Haji adalah putra dari Sultan Ageng Tirtayasa yang mudah dibujuk Belanda, sangat berbeda dengan sang ayah yang sangat tegas dalam urusan politik.

3.Keraton Kaibon



Kawasan Banten Lama di Kabupaten Serang banyak meninggalkan bangunan yang memiliki nilai sejarah tinggi. Salah satu bangunan yang masih tersisa adalah Keraton Kaibon yang terletak di Kampung Kroya, Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen. Keraton kaibon menjadi salah satu bangunan cagar budaya Provinsi Banten yang menyimpan cerita kejayaan Kerajaan Banten Lama.
Dibangun pada tahun 1815, keraton ini menjadi keraton kedua di Banten setelah Keraton Surosowan. Berbeda dengan Keraton Surosowan, sebagai pusat pemerintahan, Keraton Kaibon dibangun sebagai tempat tinggal Ratu Aisyah. Hal ini dikarenakan Sultan Syafiudin sebagai Sultan Banten ke 21 saat itu usianya masih 5 tahun. Nama Kaibon sendiri dipastikan diambil dari kata keibuan yang memiliki arti bersifat seperti ibu yang lemah lembut dan penuh kasih sayang.

4.Keraton surosowan


Sebelah utara 14 km dari Kota Serang, Banten, tepatnya di Desa Banten, Kecamatan Kasemen, kawasan Banten Lama, terdapat reruntuhan bangunan yang tenggelam bersama kejayaan kerajaan Banten. Bangunan ini dahulu menjadi pusat dari kerajaan dan tempat tinggal sultan bersama keluarga dan pengikutnya. Kini, reruntuhan tersebut hanya meninggalkan cerita dibalik masa emasnya yang telah hilang. Keraton Surosowan menjadi saksi bisu saat Banten berjaya dengan pelabuhannya yang ramai dengan aktivitas perdagangan.
Keraton Surosowan diperkirakan dibangun antara tahun 1526-1570 saat Pemerintahan Sultan Banten yang pertama yaitu Sultan Maulana Hasanudin. Sejarah pembangunan keraton ini tidak lepas dari pemberian wilayah yang diserahkan oleh Sunan Gunung Jati kepada anaknya Sultan Maulana Hasanudin.
Layaknya keraton di Jawa, Keraton Surosowan juga berfungsi sebagai tempat tinggal sultan beserta keluarga dan pengikutnya. fungsi lainnya, keraton juga menjadi pusat kerajaan dalam menjalankan pemerintahan Kerjaan Banten. Hal ini terlihat dalam tata pola yang mengikuti kerajaan Islam lainnya di Jawa yang memiliki Alun-Alun di sebelah utara, Masjid Agung di bagian barat dan pasar serta pelabuhan di sisi timur dan utara keraton.

Bentuk keraton mengalami perubahan saat pemerintahan di pimpin oleh Sultan Haji pada tahun 1672-1687. Pembangunan ini dilakukan karena keraton mengalami kehancuran yang dilakukan oleh Belanda pada tahun 1680. Dibantu oleh ahli bangunan asal Belanda bernama Hendrik Lucasz, Keraton Surosowan dibangun dengan penambahan dinding di bagian sisinya.

  Contoh objek wisata buatan di banten
1.citra raya water world



Dibangun di atas lahan seluas 5 hektar, Citra Raya Water World menyajikan konsep unik dan tematik. Water park ini dilengkapi dengan berbagai wahana permainan dan petualangan air. Wahana yang menantang, yang akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi seluruh anggota keluarga.
Lokasi yang strategis dekat dengan Ibu Kota, dekat dengan pusat pemerintahan kabupaten Tangerang dan harga yang terjangkau berbagai kalangan menjadikan Citra Raya Water World sebagai destinasi utama wisata yang sangat diminati.
Citra Raya Water World lokasi tepatnya berada  Jalan Raya Serang KM 14,7 Cikupa, Kabupaten Tangerang, Banten.

2. Taman bunga kadung hejo


Destinasi wisata dengan hamparan bunga itu adalah Taman Bunga Kadung Hejo.
Taman bunga dengan luas 7 ribu meter ini terletak di Desa Sukasari, Kecamatan Kadu Hejo, Kabupaten Pandeglang, Banten. Wisata ini juga sangat ramai dikunjungi oleh berbagai wisatwan yang tidak hanya berasal dari daerah Pandeglang saja melainkan dari berbagai kota salah satunya yaitu Jakarta dan Bandung.


3. Aqualand serang
        

Tempat wisata yang tergolong baru ini memang memiliki konsep yang unik. Saat pertama masuk, pengunjung akan disambut dengan gapura khas Provinsi Banten, kemudian ada satu rumah adat Toraja yang juga difungsikan sebagai museum mini. Yang lebih unik, kantin di sana juga mengusung tema joglo modern yang terinspirasi dari adat Yogyakarta.

Kombinasi adat yang berbeda ini rupanya dipilih karena sang pengelola memiliki darah Toraja dan Jawa Tengah. “Iya selain latar belakang bapak pemilik yang dari Toraja dan Semarang, pemilihan tema budaya ini juga memang karena tempat ini diperuntukkan untuk edukasi bagi para pengunjung yang datang, terutama untuk anak-anak,” kata Windha, manager operasional Aqualand,

4. Museum Negeri Banten
  
  

Museum Negeri Banten terletak di Jl. Brigjen KH Samun No.5, Kotabaru, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42112.
Bangunan megah khas kolonial di seberang alun-alun barat Kota Serang membuat saya penasaran, mengapa tidak bangunan yang masih berdiri kokoh sejak tahun 1821 ini merupakan bekas kantor Residentie Van Bantam atau bila diartikan ialah Karesidenan Banten. Ketika Jepang berkuasa pun tempat ini menjadi basis pemerintahannya, setelah Indonesia merdeka tempat ini kembali dijadikan kantor Residen Banten dan Inspektur Wilayah Banten di Jawa Barat.

Museum ini masih terus berkembang dan akan membuat berbagai fasilitas baru. Seperti saat ini tengah digodok untuk membuat ruang ‘Religi’ yang akan menceritakan kisah penyebaran agama di Banten. Dan pastinya akan dikemas dengan memanfaatkan teknologi digital. Selain itu nanti juga akan dibuat Debus Corner dan berbagai fasilitas lain yang akan memberikan berbagai informasi tentang kesenian dan kebudayaan Banten.

Makanan khas banten 

1. Sate Bandeng
        
   


Sate Bandeng Khas Banten ini di masak dengan cara menghilangkan semua duri yang terkandung dalam Tubuh ikan Bandeng, sehingga dengan memakan Sate bandeng ini, kita tidak khawatir lagi akan tertelan Durinya, yang biasa menusuk di Rongga Tenggorokan kita.
Menurut cerita yang beredar, makanan khas banten yang satu ini di populerkan oleh juru masak kerajaan banten pada abad ke 16 untuk menjamu para tamu kerajaan.

2. Rabeg Banten


Masakan tradisional khas banten ini memang sudah sangat terkenal sekali khususnya didaerah banten.
Masakan berkuah yang berbahan dasar daging dan jeroan kambing ini menjadi kebanggaan masyarakat Banten. Masakan yang satu ini apalagi disantap selagi masih hangat, tentu akan semakin lahap untuk menyantapnya.
Makanya makanan yang memiliki rasa yang sedikit pedas ini selalu menjadi incaran para pecinta kuliner khususnya yang mampir kedaerah banten.

3. Nasi SumSum



Makanan Khas Banten yang satu ini terdiri dari bahan dasar nasi yang dicampur dengan sumsum tulang Kerbau atau Sapi dan memasaknya pun dengan cara di bungkus pakai daun pisang dan di bakar dengan Arang, yang membuat cita rasa masakan ini menjadi nikmat.


4.Soto khas Banten


Ciri khas dari soto ayam banten ini adalah penggunaan kentang potong yang  digoreng sebagai bahan pelengkap dan tomat yang dimasak kedalam kuah kaldu sotonya.
Sedangkan untuk pemakaian bumbu dapur lainnya tidak berbeda dengan soto pada umumnya. Sebenarnya soto ini aslinya menggunakan jeroan daging sapi bukan suwiran ayam. demi menjaga kesehatan badan, bisa juga di ganti dengan suiran ayam yang tidak akan merubah rasa soto ayam Banten ini.

5. Angeun Lada




Yang satu ini masakan berkuah Khas Banten yang berasal dari wilayah Serang Selatan sekitar Pandegelang dan Lebak.
Dengan campuran daging Sapi dan di campur dengan daun walang sehingga aroma masakan menjadi kuat dan khas, menjadikan masakan ini sebagai hidangan pada perayaan hari besar seperti Lebaran, maupun acara keluarga seperti pesta pernikahan.

Something to see (sesuatu yang dilihat)
Banyak pemandangan indah yang ada di tempat wisata banten termasuk wisata alam, yang dapat kita lihat seperti pantai yang banyak ciri khas masing masing selain pantai ada juga pegunungan yang sangat indah,pulau yang sangat luas nan indah

Something to do (sesuatu yang dilakukan)
banyak berbagai Aktifitas yang dapat di lakukan di banten diantaranya jika anda pergi ke pantai anda bisa berenang selain berenang,bisa mandaki gunung jika pergi ke tempat wisata pegunungan, yang paling penting disana berbagai tempat yang indah dan kita bisa berswafoto

Souvenir yang paling terkenal

  • Batik Krakatau
Batik Krakatau merupakan oleh oleh khas Banten Cilegon Nama batik ini terinspirasi dari gunung yang sempat meletus secara dahsyat pada tahun 1883, yaitu Gunung Krakatau. Jika anda tertarik bisaa datang ke Jl. Teuku Umar Kranganyar atau Jl. Kyai H Tubagus Ismail 20.

  • Golok Khas Cilegon
Souvenir khas Banten yang satu ini cocok bagi anda yang gemar mengoleksi benda benda antik. Hal ini karena Golok ini merupakan senjata tradisional masyarakat Cilegon. Jika anda tertarik, anda bisa mengunjungi Cilegon pada perayaan Festifal Golok Day yang diadakan guna memperingati ultah kota Cilegon.

  • Tas Akrilik
Sesuai dengan namanya, tas ini merupakan tas dengan hiasan dari batu akrilik. Batu akrilik merupakan jenis batu yang banyak digunakan untuk membuat berbagai aksesoris. Contohnya adalah tas Akrilik ini, ada juga gelang dan cincin. Harganya berkisar antara 150 ribu sampai 850 ribu.
  • Batik Lereng Lesung

Batik ini juga merupakan batik khas Cilegon selain batik Krakataw.Desain batik ini begitu khas dengan motif rumput laut yang menggambarkan posisi kota Cilegon. Selain itu ada juga motif lesung yang merupakan budaya tradisional kota Cilegon. Dan ada pula motif kubah masjid, motor dan motif elektronik yang semua itu menggambarkan Cilegon.
  • Miniatur Landmark Cilegon
Oleh oleh yang satu ini sangat cocok dibawa pulang untuk menyimpan kenangan indah anda saat berada di Cilegon, Banten. Bentuk dasarnya adalah lingkaran dengan mesin yang berputar, menunjukkan Cilegon sebagai kota industri. Ada juga taman hijau, mercusuar yang menjulang dengan atap berbentuk kubah. Miniature ini berukuran 17x13x13 cm dengan harga 175 ribu.
  • Gantungan Kunci Tangerang
Oleh oleh yang satu ini sangat mudah ditemui dan ditawarkan dengan harga yang relatif murah. Gantungan Kunci Tangerang ini hadir dengan model khas Baduy maupun khas wisata di Tangerang. Jadi, jika banyak yang meminta anda membawakan oleh oleh, maka gantungan kunci ini cocok untuk anda. Souvenir khas Banten yang satu ini juga sangat recomended anda pilih jika budget oleh –oleh terbatas.  Hal ini karena harganya terbilang murah dibandingkan souvenir lainnya.
  • Tas Baduy
Tas ini merupakan tas yang sering digunakan oleh orang orang Baduy, sehingga cocok dijadikan oleh oleh. Tas anyaman ini hadir dengan beraneka desain serta beraneka ragam warna. Souvenir ini banyak sekali diminati karena unik dan kini sudah hadir di took oleh oleh di Tangerang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laisa bilqis menjaga semangat pasca ibadah ramadan